Perkembangan Perusahaan Gas Negara

22

Belum lama ini Indonesia telah membentuk perusahaan gas negara, yang mana fungsi dan tujuannya adalah untuk mendistribusikan gas kepada masyarakat dengan menggunakan pipa-pipa yang tersambung menuju rumah masyarakat. Sistem kerjanya hampir sama dengan PAM maupun PLN yang mendistribusikan gas secara masal kepada masyarakat. Perusahaan Gas Negara sendiri merupakan satu-satunya perusahaan atau badan usaha yang menyalurkan gas kepada masyarakat. Mengenai pengguna atau pelanggan dari Perusahaan Gas Negara sendiri mulai dari rumah tangga, industri, usaha kecil, moda transportasi, pembangkit listrik, dan rumah sakit. Hendi Prio Santoso selaku direktur utama perusahaan gas negara mengatakan bahwa selama ini pelanggan yang menggunakan jasa PGN sendiri kebanyakan berasal dari rumah tangga.

72Dalam perkembangannya Perusahaan Gas Negara telah melakukan beberapa langkah yang tujuannya untuk memperluas jaringannya. Sampai saat ini jaringan dari Perusahaan Gas Negara sendiri telah mencapai lebih dari seratus ribu sambungan rumah tangga. Hendi Prio Santoso sendiri mengungkapkan bahwa Perusahaan Gas Negara sampai saat ini masih fokus pada perluasan pelanggan yang mengarah pada sektor rumah tangga. Perluasan jaringan meliputi rumah tangga wilayah eksisting sampai pada rumah tangga wilayah baru yang belum terjangkau jaringan. Hal ini dilakukan PGN mengingat pelanggan dari PGN sendiri kebanyakan berasal dari rumah tangga. Perluasan yang dilakukan PGN sendiri sudah dilakukan di beberapa wilayah di Indonesia.

Selain mengembangkan sendiri jaringannya, PGN juga berkerja sama dengan kementrian ESDM. Menurut Hendi Prio Santoso PGN telah mendapatkan tugas ataupun tanggung jawab dari kementrian ESDM untuk mengelola dan mendistribusikan gas bumi untuk sekitar empat ratus ribuan rumah tangga di sebelas kota. Kementrian ESDM memberikan penugasan tersebut kepada PGN secara resmi pada tanggal 19 Agustus 2015. Hendi Prio Santoso sendiri menyatakan bahwa PGN menyambut baik kepercayaan kementrian ESDM untuk mengelola jaringan rumah tangga tersebut. Hendi Prio Santoso sendiri sangat optimis bahwa kerjasama antara PGN dengan kementrian ESDM akan semakin memperlancar serta mempercepat perluasan jaringan gas bumi untuk rumah tangga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *